5 Cara Tanam dan Perawatan Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Tumbuh Optimal & Cepat Berbuah

5 Cara Tanam dan Perawatan Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Tumbuh Optimal & Cepat Berbuah

Budidaya Durian Duri Hitam – Durian duri hitam merupakan salah satu varietas durian yang dikembangkan di negara Malaysia. menurut informasi, durian duri hitam ini mampu mengalahkan kenikmatan durian musangking. Durian duri hitam mempunyai Tekstur daging buahnya lembut, creamy, berwarna kuning keemasan aromanya harum, rasanya manis legit sedikit pahit karena kandungan alkoholnya yang tinggi. Tetapi rasa pahit ini akan segera meleleh di mulut digantikan rasa legit manis. Inilah yang justru membuat siapapun yang pernah mencicipi durian ini akan ketagihan.

Sebagai Jenis durian jenis baru, Namun Faktnya, tanaman buah durian duri hitam atau durian ochee ini sudah mulai banyak dibudidayakan oleh petani Indonsia. Hal ini tak terlepas dari keunggulan durian hitam ini yang memiliki sifat genjah, produktivitas tinggi dan tahan cuaca. Dengan perawatan yang maksimal, minimal dalam 3 – 4 tahun pohon durian duri hitam sudah akan mulai berbuah dan tetap produktif selama 3 – 5 tahun.

Budidaya Durian Duri Hitam

Syarat Tumbuh

Durian duri hitam tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian maksimal 1000 mdpl. Paling baik jika ditanam di ketinggian antara 400 sampai 600 mdpl. Menyukai tanah lempung berpasir yang subur dan memiliki kandungan bahan organik, namun tumbuh baik pula di tanah latosol, podsolik merah kuning, atau adosol. Tidak menyukai tanah liat karena proses pengeringan tanah di musim hujan sulit, sementara di musim kemarau tanah menjadi keras, susah menyerap air. Akibatnya pertumbuhan akar terganggu.

Adapun yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman durian duri hitam ini berkisar antara 20 – 30 derajat celcius, intensitas cahaya matahari 60 – 80%, curah hujan 1500 – 2500 mm per tahun dengan bulan basah 9 – 11 bulan dan bulan kering 3 – 4 bulan. pH tanah antara 6,0 – 7,0, kurang dari itu tanah di tempat menanam pohon durian duri hitam perlu diberi kapur dolomit untuk menetralkan.

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam membudidayakan tanaman durian duri hitam agar mampu tumbuh dengan optimal dan cepat berbuah :

1.Pemilihan Bibit Unggul

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membudidayakan durian duri hitam ini adalah memilih bibit durian duri hitam yang berkualitas. Pilihlah bibit durian duri hitam yang sehat, segar, bibit yang berkualitas baik, serta bibit durian duri hitam yang bebas hama dan penyakit.

Setelah membeli bibit durian duri hitam, sebaiknya istirahatkan dahulu selama 1 minggu sampai 1 bulan di tempat teduh dan sirami 2 kali sehari sampai bibit benar-benar segar. Penanaman di tanah kering atau tegalan sebaiknya memilih waktu tanam pada pertengahan musim hujan. Jika menanam di musim kemarau, penyiramannya harus benar-benar diperhatikan agar jangan sampai kekurangan air.

Bibit Durian Duri Hitam

2.Pengolahan Lahan

Sebelum bibit durian duri hitam ditanam, persiapkan dahulu lahan tanam. Dalam lahan berukuran 1 ha, Anda dapat menanam sampai sekitar 150 pohon dengan jarak tanam 8 x 8 m2. Buat lubang tanam yang teratur dan rapi agar sinar matahari tidak terhalang. Terhalangnya sinar matahari berakibat terhambatnya proses fotosintesis. Ukuran lubang tanam antara 50 x 50 x 60 cm atau 80 x 80 x80 cm. Letakkan tanah galian di samping kanan dan kiri lubang, campur dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1 bagian pupuk kandang/kompos untuk tiap 3 bagian tanah. Biarkan campuran tanah dan pupuk terkena sinar matahari. Diamkan lubang selama 2 minggu supaya bebas dari hama dan kuman. Setelah dua minggu, masukkan tanah galian yang sudah dicampur pupuk kandang/kompos ke dalam lubang. Sirami teratur dan biarkan selama 7 – 10 hari sampai semua nutrisinya terserap. Jangan beri pupuk kimia karena dapat membunuh tanaman. Jaga kepadatan dan kelembapan tanah.

3.Tahap Penanaman Bibit

Basahi dahulu polybag sebelum dibuka. Buka dengan hati-hati, jangan sampai merusak akar atau menghilangkan media tanam yang menempel pada akar. Luruskan akar yang berbelit dan sirami.
Waktu penanaman yang paling baik adalah sore hari agar tanaman tidak layu atau pada pukul 9 pagi.
Hindarkan dari sinar matahari langsung agar bibit tidak kekeringan, beri tanaman pelindung yang tidak terlalu lebat. Sirami secara teratur.
Tambahkan mulsa dari jerami atau sabut kelapa agar tanah tetap lembap. Selain itu, pemberian mulsa juga dapat mencegah tumbuhnya gulma dan memperbaiki sifat fisik tanaman.

4.Tahap Perawatan

– Penyiraman
Penyiraman rutin sangat penting terutama pada usia bibit duri hitam berumur 0 – 1 tahun. Penyiraman rutin juga sangat penting dilakukan pada saat tanaman mulai berbunga. Akan tetapi, harus diperhatikan bahwa penyiraman tidak boleh melebihi batas hingga air justru tergenang. Air yang menggenang di sekitar tanaman durian duri hitam menyebabkan tanaman ini rentan penyakit busuk batang dan buah.

– Penyulaman
Tindakan penyulaman harus dilakukan jika ada tanaman yang kering dan rusak. Penyulaman dilakukan dengan mengganti bibit yang rusak atau mati dengan bibit baru yang seumur.

– Pemangkasan
Salah satu trik merangsang tanaman durian duri hitam agar cepat berbuah selain pemupukan adalah dengan melakukan pemangkasan pada batang, ranting, dan tunas air. Pemangkasan juga harus dilakukan pada cabang yang rusak atau terserang penyakit untuk mencegah penyebaran. Sebaiknya dilakukan menjelang musim hujan atau sebelum tanaman berproduksi. Pemangkasan yang teratur dapat menjaga tanaman tetap sehat dan pertumbuhan bunga serta buahnya maksimal.

– Perlakuan khusus
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari tanaman durian duri hitam Anda, ada beberapa perlakuan khusus yang harus diperhatikan. Pertama, pengikatan batang. Tindakan ini perlu dilakukan untuk menghambat pengangkutan karbohidrat hasil fotosintesis ke akar sehingga akan merangsang pertumbuhan bunga. Lakukan pada tanaman yang usianya minimal 4 tahun. Batang yang diikat adalah batang utama dan ranting yang cukup besar. Pengikatan dilakukan menjelang masa berbunga dengan cara mengerat batang dengan pisau yang tajam dan bersih, kemudian lilit yang kencang dengan kawat. Pengikatan cabang tepatnya pada 10 – 15 cm dari pangkal cabang. Lepaskan lilitan apabila tanaman mengalami stressing dengan gejala daunnya mulai menguning. Apabila tanaman telah pulih akan tumbuh tunas baru diikuti pertumbuhan bunga. Setelah bakal bunga tumbuh, ikatan harus dilepaskan.

Perlakuan khusus selanjutnya adalah pengguguran buah. Pengguguran buah dilakukan pada masa awal produksi, yaitu ketika bunga dan buah mulai tumbuh lebat di usia tanaman 4 – 5 tahun untuk bibit hasil okulasi. Batasi pengguguran buah tidak lebih dari 30% atau untuk tanaman durian duri hitam yang beru pertama kali berbuah, perlihara 5 buah saja. Cara ini akan meningkatkan daya pertumbuhan dan melebatkan buah pada musim berikutnya. Jika dibiarkan lebat di masa awal pertumbuhan, tanaman cenderung lemah dan mudah terserang penyakit sehingga umur produktivitasnya lebih pendek.

Terakhir, penjarangan buah. Tujuan perlakuan ini adalah untuk mendapatkan buah yang berkualitas. Caranya, pertahankan buah yang berada di pangkal dahan. Penjarangan atau seleksi buah dilakukan ketika buah sudah berdiameter sekitar 8 cm. Buang buah yang kurang sehat atau tumbuh berimpitan terlalu banyak, tinggalkan sekitar 50 – 60% saja dari total produksi. Tanpa penjarangan, buah yang dihasilkan berukuran kecil, mutunya kurang bagus, dan musim berikutnya buah yang muncul hanya sedikit atau bahkan tidak berbuah sama sekali.

durian ochee

5.Tahap Panen

Tanaman Durian duri hitam termasuk dalam jenis durian genjah, tanaman buah duri hitam akan mulai belajar berbuah pada usia 3 – 4 tahun sejak penanaman dari hasil bibit sambung pucuk atau okulasi.

Buah yang dihasilkan akan mencapai tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar. Ciri-ciri durian duri hitam yang matang adalah ujung durinya berwarna hitam atau coklat tua, warna garis di antara duri lebih jelas, tangkainya lunak dan mudah dibengkokkan, ruas-ruas tangkainya membesar, bau harumnya khas, serta terdengar bunyi kasar dan bergema ketika dipukul.

Demikianlah cara membudidayakan tanaman durian duri hitam agar tumbuh dengan baik, produktif, dan cepat menghasilkan bagi pemula. Semoga pedoman ini dapat berguna bagi Anda yang ingin mencoba membudidayakan varian baru durian unggulan ini. Selamat mencoba.


kata terkait,
Bibit Durian Duri Hitam, budidaya durian duri hitam, cara tanam durian duri hitam, Durian Duri Hitam, Jual bibit Durian Duri Hitam, panduan budidaya durian duri hitam, penyiraman durian duri hitam, perawatan durian duri hitam, pohon durian duri hitam, Tanaman Durian Duri Hitam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s