7 Cara Tanam dan Perawatan Tanaman Buah Durian Montong Agar Cepat Berbuah

7 Cara Tanam dan Perawatan Tanaman Buah Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Budidaya Durian Montong – Buah Durian Montong? salah satu jenis durian unggulan yang dikenal dengan ukuran buahnya yang super jumbo. Durian Montong sangat terkenal di Indonesia, bahkan merajai perdagangan buah durian di Indonesia. Jenis durian ini terkenal dengan rasa manis yang khas dan daging buahnya yang tebal.

Budidaya durian Durian Montong merupakan sebuah prospek usaha agrobisnis yang bagus. Teknik budidaya Durian Montong yang baik dan benar merupakan pintu gerbang menuju keberhasilan buddiaya. Melakukan budidaya Durian Montong mulai dari pengolahan lahan, pemupukan, merawat tanaman, menyetek, tekhnik okulasi atau cangkokan yang benar dan tepat bisa menjadikan petani menghasilkan hasil panen durian yang unggul dan berbuah lebat.

Budidaya Durian montong

Bagi anda yang tertarik membudidakan tanaman buah durian montong ini, ada beberapa tips membudidayakan tanaman durian montor agar tumbuh dengan optimal dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Syarat Tumbuh Durian Montong

Tanaman Durian Montong dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 50 – 600 mdpl, dengan intensitas cahaya 40-50%. Suhu lingkungan yang baik untuk tanaman Durian Montong yaitu 22 – 30 derajat Celcius, membutuhkan curah hujan ideal 1.500 – 2.500 mm per tahun. Tanah yang cocok ditanami Durian Montong adalah lahan yang luas, lempung berpasir subur dan banyak mengandung bahan organik, dengan pH tanah 6 – 7.

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam membudidayakan tanaman buah durian montong agar tumbuh subur dan cepat berbuah :

1.Pemilihan Bibit

Dalam budidaya durian montong kita tidak lepas dengan pembibitan dan anda harus memiliki kemampuan memilih bibit yang berkualitas. Ada 2 cara untuk mencari varietas yang bagus dan unggul, anda membuatnya atau anda membelinya. Jika anda tidak ingin repot dan ribet, mungkin pilihan ini cocok untuk anda. Membeli bibit durian montong pada toko pertanian atau anda bisa lengsung ke penjual bibit. Tentunya disana tersedia beberapa jenis varietas durian montong yang secara masal di bibitkan oleh mereka. Biasanya bibit yang anda akan beli memiliki sartivikat yang sudah teruji produksinya.

Bibit Durian Montong

2.Pengolahan Lahan

Pembukaan lahan dianjurkan pada musim kemarau. Bersihkan lahan dari alang-alang, gulma, dan tanaman lain yang mengganggu masuknya sinar matahari. Dibuat saluran-saluran pembuangan air dan terasering pada lahan miring. Jarak tanam yang digunakan yaitu 8 x 12 m atau 10 x 10 m. Budidaya Durian Montong dengan skala luas di tempat terbuka, sebaiknya ditambahkan tanaman pelindung. Contoh tanaman pelindung yang dianjurkan yaitu lamtoro, turi, gamal, sengon atau pepaya. Tanaman pelindung ditanam setelah selesai pengolahan lahan.

Lubang tanam dipersiapkan berukuran 50 cm2. Tanah bagian atas dengan tanah bagian bawah dipisahkan dan dibiarkan selama 2 minggu. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang matang sebanyak 20 kg dan Dolomit sebanyak 10 kg, sampai rata untuk digunakan sebagai media tanam. Lalu masukkan campuran tanah tersebut ke dalam lubang tanam dan biarkan 1 minggu terlebih dahulu sebelum bibit ditanam.

3.Penanam Bibit Durian Montong

Penanaman bibit durian montong sebaiknya dilakukan saat awal musim hujan.
Lubang tanam yang telah berisi campuran media tanam digali sesuai ukuran bibit.
Ambil bibit dan buka plastik pembungkusnya dengan hati-hati agar tidak merusak akar.
Bibit ditanam sedalam leher akar tanpa mengikutkan batangnya. Lakukan penyiraman dengan air secukupnya hingga tanah cukup basah setelah selesai tanam.

4.Tahap Pengairan

Pengairan atau penyiraman dilakukan sejak awal pertumbuhan hingga tanaman berbuah dan siap panen. Ketika waktu berbunga, penyiraman dikurangi. Penyiraman paling baik dilaksankan pada pagi hari.

5.Tahap Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan terhadap tunas-tunas air, cabang-cabang yang mati atau terserang hama penyakit, serta ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari. Ketika tanaman Durian Montong mencapai ketinggian 4 – 5 m, pucuk tanaman dipangkas.

6.Tahap Pemupukan

Pemupukan sejak awal pertumbuhan hingga tahun ketiga, menggunakan pupuk NPK berkadar N tinggi. Pupuk kandang diberikan sekali setahun pada awal musim kemarau atau pada akhir musim hujan. Pupuk Makro diberikan sesuai dengan umur tanaman.

Durian Montong

7.Panen Durian Montong

Durian Montong dapat dipanen sekitar 125 – 135 hari setelah bunga mekar. Durian Chanee dapat dipanen sekitar 110 – 116 hari setelah bunga mekar. Pada umumnya, buah durian mengalami tingkat kematangan sempurna pada waktu 4 bulan setelah bunga mekar. Durian dapat dipetik setelah memiliki ciri-ciri berikut : ujung duri telah berwarna coklat tua, baunya harum, garis-garis di antara duri lebih jelas, ruas-ruas tangkai buah membesar, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokkan, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul. Durian dipanen dengan cara memotong tangkai buah yang dekat dengan pangkal batang menggunakan pisau dan jangan sampai buah durian terjatuh karena dapat mengurangi kualitas buah.

Demikian informasi tentang panduan budidaya Budidaya tanaman buah durian montong agar tumbuh optimal dan cepat berbuah. Semoga Bermanfaat.


kata terkait,
Budidaya durian montong, cara tanam durian montong, perawatan durian montong, jarak tanam durian montong, penanaman durian montong, pembuahan durian montong, tips bertanam durian montong, bibit durian montong, panen durian montong, jarak tanam durian montong,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s